Selamat datang di website resmi Desa Punggul (Smart Village Punggul)

 

Desa Adat Punggul Menyelenggarakan Bulan Bahasa Bali 2021

Administrator 01 Maret 2021 11:59:12 WIB

Desa Adat Punggul pada Sabtu, 27 Pebruari 2021 mengadakan Bulan Bahasa Bali dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sebagai bentuk pemuliaan terhadap bahasa, aksara dan sastra Bali. “Bulan Bahasa Bali untuk tahun ini mengangkat tema “Wana Kerthi: Sabdaning Taru Mahottama” yang bermakna Bulan Bahasa Bali sebagai Altar Pemuliaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali Tertaut Jelajah Pemaknaan Hutan sebagai Prana Kehidupan."

Acara yang diselenggarakan di aula kantor desa Punggul dibuka langsung oleh bendesa desa adat Punggul I Nyoman Murjana. Kegiatan ini dihadiri I Gusti Ngurah Anom Baliputra, SH penjabat perbekel desa Punggul, penyuluh bahasa Bali desa Punggul, kelian adat dan dinas sedesa Punggul.

Dalam sambutanya bendesa desa adat Punggul I Nyoman Murjana, menekankan bahwa Bahasa Bali merupakan bahasa ibu di Bali. Keberadaan bahasa, sastra dan aksara Bali menjadi jati diri masyarakat Bali. Karenanya, upaya pelestarian dan pengembangan bahasa, sastra dan aksara Bali harus terus digelorakan.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa lewat pelaksanaan Bulan Bahasa Bali ini tentunya dapat menjadi wahana pelestarian dan pengembangan kebudayaan Bali secara berkelanjutan.

Ketua Panitia Bulan Bahasa Bali Desa Adat Punggul I Made Sukasta, S.Pd menambahkan, Bulan Bahasa Bali merupakan implementasi Peraturan Gubernur Bali nomor 80 Tahun 2018 tentang Pelindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali.

Adapun kegiatan yang digelar di desa adat Punggul adalah: lomba (wimbakara) nyurat aksara Bali (SD), lomba (wimbakara) ngwacen aksara Bali daa truna usia 14-20 tahun, dan lomba (wimbakara) nyatua Bali krama istri (PKK).

Selain wimbakara (lomba) desa adat Punggul juga melaksanakan festival (utsawa) Nembangan Pupuh Ginada Basur "Pangrastiti Pamahayu Jagat" Semua pamilet (peserta) dalam kegiatan ini berasal dari perwakilan masing-masing banjar adat yang ada di desa adat Punggul yaitu Banjar Kelodan, Banjar Tengah, Banjar Padang, dan Banjar Teguan.

Sementara itu penjabat perbekel desa Punggul I Gusti Ngurah Anom Baliputra, SH sangat mengapresiasi penyelenggaraan bulan bahasa Bali di desa adat Punggul, sebagai upaya perlindungan dan pemeliharaan kelestarian bahasa, aksara dan sastra Bali.

Penulis: Penyuluh Bahasa Bali Desa Punggul
Editor : KIM Desa Punggul

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Aplikasi Android Desa Punggul

Peta Desa Punggul

Aparatur Desa

Sekretaris Desa Kepala Seksi Pemerintahan Kepala Seksi Pelayanan Kepala Urusan Tata Usaha dan Umum Kepala Urusan Keuangan Staf Urusan Keuangan Staf Kepala Urusan Perencanaan Staf Staf Kelian Banjar Dinas Tengah Kelian Banjar Dinas Trinadi Kelian Banjar Dinas Teguan Kelian Banjar Dinas Padang Kelian Banjar Dinas Kelodan

Video Kegiatan

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung